Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Sastrawan Bakti Soemanto

Bakti Soemanto, yang pada ijazahnya di tulis C. Soebakti Soemanto. dilahirkan di Sala, 29 Oktober 1941. Tamat dari SMA bagian A (Sastra) di Sala, ia melanjutkan kuliah di jurusan sastra inggris, Fakultas Sastra Universitas Gadjah Mada (S-1), kemudian mendapatkan kesempatan melanjutkan studi pada jenjang S-2, jurusan Sastra Indonesia dan Jawa (1985). Studi pada jenjang S-3 ia selesaikan pada tahun 2001 dan pangkat profesor ia capai pada tahun 2004 pada fakultas ilmu Budaya, UGM. Selama tiga semester ia bertugas sebagai dosen tamu di Oberlin College, Ohio dan Northern Illnois University, Chicago (1986-1987) memberikan kuliah Sastra Indonesia lewat terjemahan.

Beberapa kali di undang menyajikan makalah pada seminar Seni Pertunjukan yang diselenggarakan oleh ASEAN dan Spafa di Singapura dan Bangkok. Ia melawat ke Inggris untuk mengikuti kursus British Studies yang disponsori oleh British Council UGM (1995). Pernah juga di undang untuk mengikuti kursus American Civilization yang diselenggarakan oleh American Studies Research Center di Hyderabad, India (1996). Sekarang ia adalah dosen tetap pada jurusan Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya UGM dan pengkajian Seni Pertunjukan serta Pengkajian Amerika, Sekolah Pasca Sarjana UGM, serta Pasca Sarjana UNDIP, Semarang dan STSI, Sala.

Sejak Menjadi mahasiswa Bakdi sudah suka menulis puisi dan cerpen. Puisinya di muat dalam majalah Horison, majalah Basis, harian Kedaulatan Rakyat, ada yang yang masuk beberapa buku kumpulan puisi bersama seperti Tonggak, Tugu, dan ada yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dalam On Foreign Shore terbitan Lontar. Di samping puisi, naskah drama dan cerpennya sudah diterbitkan dalam kumpulan cerpen dan ia juga menulis telaah sastra dan drama, serta cerita rakyat.

*Soemanto, Bakti. 2006. Kata. Bandung: Bentang Pustaka

Artikel Terkait

2 komentar untuk "Mengenal Sastrawan Bakti Soemanto"

  1. Jadi mengenal lebih dekat dengan Pak De Bakti Soemanto.Lebih afdol bila karya besarnya lebih diperkenalkan lagi lewat sigodong pos.Maksih infonya sob,saya tunggu karya beliau.

    BalasHapus
  2. Ok sobat, karyanya akan segere menyusul.

    BalasHapus